Pada era
saat ini, make-up dapat diibaratkan
sebagai kebetuhan primer. Hal tersebut terlihat dari kebiasaan sebagain besar
masyarakat khususnya perempuan di Indonesia, ketika ia berpergian keluar rumah
makan ia akan menggunakan minimal bedak dan lisptik sebagai perias wajah. Tidak
dapat dipunggu bahwa hal tersebut terus berkembang, namun perkembangan tersebut
harus diiringi dengan edukasi yang benar agar tidak salah saat memilih make-up.
Biasanya, infomarsi terpercaya itu
berasal dari para ahli yang memang terbukti dan teruji keahliannya. Layaknya
hukum alam, ketika seorang ahli berkata maka rasa percaya terhadap perkataanya
lebih besar. Masyarakat tentunya akan mencari sumber terpercaya sebagai panutan
atau acuannya dalam berdandan.
Kehadiran platform yang yang berasal dari kumpulan ahli dibidang make-up merupakan hal yang sangat
berguna. Bukan hanya informasi yang diberikan lebih akurat namun tampilan
secara langsung pun dapat diperlihatkan sehingga masyarakat dapat meniai cocok
atau tidaknya jika membeli produk kecantikan tersebut.
Komunitas
Perias Seluruh Indonesia merupakan salah satu platform kecantikan yang memberikan edukasi mengenai make-up kepada pada anggotanya.
Komunitas tesebut memiliki 8.032 members yang dapat berbagi
informasi satu sama lain. Review suatu
brand, tutorial, dan event-event yang berhubungan dengan
kecantikan merupakan konten utama mereka. Hal tersebutlah juga menjadi alasan saya dan
teman-teman saya melakukan obsersavasi terhadap platform facebook “Komunitas Perias Seluruh Indonesia ”.
Observasi dilakukan
pada bulan Oktober-Desember 2016. Kami mengobservasi kata kunci apa yang sering
digunakan, bagaimana kebiasaan konsumen terhadap materi yang di posting, motifnya seperti apa, aturan
yang dibuat seperti apa, dan nilai-nilai yang terkadung dari setiap materi atau
informasi yang mereka berikan itu apa.
Saya melihat dari segi konten yang
sajikan, Komunitas perias seluruh Indonesia merupakan platform edukasi yang
sangat cocok untuk para pemula. Hal tersebut terlihat dari tiga bulan
pengamatan, mereka selalu menyajikan materi yang berhubungan tips memilih
produk seperti “ Menentukan Foundation
yang Benar” lalu berbagai tutorial mulai dari riasan wajah hingga tatanan
rambut. Segalanya lengkap mereka sajikan untuk para masyarakat.
Konten yang mereka sajikan,
mendapatkan feedback yang cukup baik.
Hal tersebut terlihat dari tanggapan postifi dan pertanyaan dari followers yang ingin mengetahui
informasinya lebih lanjut. Bukan hanya itu, platform
tersebut juga memperhatikan kemasan serta penggunaan kata untuk konten yang
disajikan, tidak terdapat unsur sara atau rasis didalamnya. Sehingga, terlihat
jelas nilai yang terkandung dalam platform tersebut adalah nilai
edukasi/pendidikan serta nilai etika yaitu nilai yang berhubungan dengan sopan
santun.
wuihhh
BalasHapus